Kamis, 08 November 2012

Penyebab Penyakit Maag

Kenali lebih Jauh Faktor Penyebab Penyakit maag


Karena penyakit ini timbul dari lambung maka penyebab penyakit maag yang sering terjadi dikarenakan si penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau pola hidup yang kurang sehat seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress.
Maag dapat terjadi apabila penderita telat makan, lalu pada saat makan si penderita makan dengan porsi yang berlebihan/terlalu banyak. Pada penderita maag yang sudah parah, yaitu kanker lambung dapat menyebabkan penyakit maag tersebut berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian pada si penderita. 

Sebetulnya banyak orang yang sudah terkena penyakit ini akan tetapi mereka tidak menyadarinya. Walaupun penyakit tersebut masih dalam tahap ringan. Namun dapat juga menyebabkan sampai ke tahap berikutnya. Untuk menghindari penyakit tersebut menyerang kita, kita harus mengubah pola hidup kita ke pola hidup yang sehat. Selain itu untuk menghindari penyakit ini ada beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi, yaitu tidak boleh minum kopi (karena dapat meningkatkan asam lambung), makan makanan yang sangat asam atau pedas (makanan yang merangsang perut).

Berikut Beberapa Faktor dan Juga Makanan Penyebab Penyakit Maag

1. Kopi, Teh atau Minuman yanng memiliki kandungan kafein.
Karena kafein dapat mengendurkan lower esophageal spinchter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik hingga kerongkongan.

2. Cokelat
Karena cokelat memiliki kandungan konsentrasi teobromin atau sebuah senyawa secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi, yang dapat melemaskan otot LES, menimbulkan asam lambung naik ke tenggorokan.

3. Makanan Berminyak dan Berlemak
Karena makanan berminyak dan berlemak cenderung lama untuk dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

4. Tomat dan Produk Berbahan Dasar Tomat
Di dalam tomat banyak mengandung asam yang bisa meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik.

5. Alkohol
Alkohol berfungsi melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan dan alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.

6. Rokok
Asap rokok terkandung bahan kimia yang dapat melemahkan katup saat melewati paru-paru masuk ke dalam darah.

7. Makan Dalam Porsi Yang Banyak
Perut yag penuh daat memberikan tekanan ekstra pada katup LES, yang dapat meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbaliknya sejumlah makanan ke kerongkongan.

8. Buah Asam Dan Jus
Buah-buahan yang mempunyai rasa asam yang tinggi akan memicu timbulnya sakit maag.

9. Makan antara 2-3 jam sebelum Tidur
Tiduran dengan perut yang penuh dapat menyebabkan isi perut menekan katup les, meningkatkan peluang terjadinya refluks makanan ke kerongkongan.

10. Pakaian Terlalu Ketat
Pakaian yang terlalu ketat disekitar perut akan menekan perut, sehingga makanan akan terdorong naik mendorong ke katup LES. Pakaian yang dapat menimbulkan masalah semacam ini antara lain korset dan mengencangkan ikat pinggang terlalu ketat.

Penyebab Penyakit Maag


© Copyright 2012 on Obat Penyakit Maag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda di Sini.
Tapi ingat jangan SPAM.. Ok. Biar komentar anda kami Approve.